Pages

September 23, 2012

Hak hidup, hak fundamental bagi seluruh individu

Namun, benarkah hak hidup masih merupakan hak fundamental

Dendam terhadap seseorang, tinggal bunuh. Mabuk-mabukan berujung bunuh-bunuhan. Bahkan rebutan pacaarpun harus dengan pertumpahan darah. Apa benar hak hidup masih menjadi hak fundamnetal?

Terkadang saya berfikir, mengapa segala sesuatu yang berdasarkan alasan kekesalan sesaat harus berujung pada hilangnya nyawa manusia. Padahal manusia bukan seperti ayam yang bisa disabung sampai mati. Manusia adalah makhluk berakal, sesuatu yang paling membedakan antara manusia dengan binatang. Namun, apa bedanya manusia dengan binatang sekarang ini, jika nyawa mereka sama-sama tidak dihargai.

Di belahan dunia lain, saudara kita banyak yang dirampas hak hidupnya. Tidak semuanya langsung dibunuh dan kehilangan nyawanya. Paling hanya tempat tinggal mereka diambil alih, dibakar, atau apapun. Tidak sekedar itu, mereka tetap saja tidak diperkenankan mendapatkan perlindungan di belahan bumi manapun. Yah memang mereka tidak langsung meninggal atau tewas di tempat. Setidaknya, mereka mulai mati perlahan.

Kehidupan manusia akhir-akhir ini semakin tidak mendapatkan perlindungan. Benarkah hukum rimba sudah mulai berlaku? Yang kuat yang berkuasa. Atau apakah mungkin perlahan akan ada hunger games versi nyata.

Saudara kita banyak yang hak hidupnya terampas. Bahkan mungkin, suatu saat nanti kita akan merasakannya juga, siapa yang tahu? Kenapa tidak kita menghormati hak tersebut. Mungkin untuk membantu mereka yang tidak mendapatkan haknya adalah terlalu berat. Lagipula sudah ada lembaga yang katanya mereka akan menangani itu semua. Kita dapat memulai dari hal kecil. Mulai saat ini dan detik ini berfikirlah dan tanamkanlah bahwa nyawa manusia tidak semurah itu.

Saat  membaca koran dan membaca suatu berita tentang pembunuhan misalnya, jangan selalu menganggapnya hanya sebagai angin lalu dan menjadi hal yang biasa. Karena menganggap berita seperti itu adalah berita berakibat mengatakan tindakan tersebut adalah tindakan tidak biasa. Mulailah menghargai kehidupan kita dengan menghargai juga kehidupan orang lain.

1 comment: